Sweety-qilla

Strategi Sweety Tumbuhkan Market Share dan Perkuat Positioning

Persaingan di pasar popok bayi (baby diapers) makin menguat. Hal itu ditandai dengan makin agresifnya para pemain raksasa yang merangsek pasar guna menggenjot penetrasi pasar popok bayi di Tanah Air. Sebut saja, PT Softex Indonesia sebagai sang pionir, KAO, hingga P&G makin menunjukkan “taring” strateginya.

Strategi Sweety Tumbuhkan Market Share dan Perkuat Positioning
Peluncuran produk Sweety FitPantz DryActive

Softex pun tak ketinggalan membesarkan pasarnya di pasar popok bayi. Kendati telah menguasai pasar 20 persen di pasar popok bayi di Indonesia lewat brand Sweety, Softex tampak rutin melancarkan tiga strategi marketing dan komunikasi untuk Sweety. Mulai dari peluncuran varian baru, consumer promotion dengan memanfaatkan momentum Ramadhan, hingga memperkuat positioning-nya sebagai partner-nya orang tua melalui program Sweety Parent Academy.

Tahun 2015, tepatnya April lalu, Sweety mengawali upaya marketingnya dengan peluncuran varian baru, Sweety FitPantz DryActive. Varian tersebut merupakan produk popok tipe celana yang mudah digunakan dengan tiga inovasi terbaru. Yaitu, karet pinggang 30% extra elastis dan lembut sehingga lebih fit, mampu menyerap hanya dalam satu detik, dan menggunakan bahan berkualitas yang super lembut yang membuat si kecil merasa nyaman.

Demi mensukseskan peluncuran varian baru tersebut, Sweety menggelar consumer promotion dengan memanfaatkan momentum Ramadhan. Cukup dimaklumi, lantaran di masa festive season, konsumen Indonesia memiliki spending yang lebih tinggi dibandingkan periode regular.

“Mengiringi peluncuran Sweety FitPantz DryActive, kami menawarkan consumer promotion dengan memberikan hadiah kejutan umroh gratis bersama pemain program televisi ‘Para Pencari Tuhan’ untuk lima orang pengguna setia Sweety,” ungkap Wenny Damayanti, Marketing Manager PT Softex Indonesia.

Untuk mengikuti program tersebut, konsumen cukup membeli produk Sweety FitPantz atau Safe & Soft minimal Rp 25.000 di Alfamart. Pengguna Sweety dapat mendaftarkan nomor transaksi dan kode pada ekor struk, serta mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk berkesempatan memenangkan Grand Prize, yaitu Sweety Umroh Bersama empat pemain utama ‘Para Pencari Tuhan’. “Konsumen juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah mingguan berupa 5 liontin emas Hello Kitty,” lanjut Wenny.

Dipilihnya para pemain “Para Pencari Tuhan” dalam program consumer promo itu lantaran tayangan tersebut tercatat digemari oleh keluarga Indonesia di masa-masa Ramadhan. Sambil menikmati santapan sahur dan berbuka puasa, biasanya tayangan televisi bernuansa Islami seperti sinetron Para Pencari Tuhan (PPT) menjadi pilihan utama keluarga–termasuk ibu yang notabene pembeli keputusan popok bayi.

Program lainnya yang juga digelar Sweety adalah Sweety Parent Academy. Dipaparkan Wenny, program tersebut sebagai wujud kepedulian Sweety kepada calon orang tua dan para orang tua di Indonesia. “Sweety Parent Academy diharapkan dapat menjadi partner bagi orang tua, ehingga mampu menjadi orangtua yang lebih bijak dalam proses tumbuh kembang anak,” harapnya.

Melalui program tersebut Sweety membagikan CD tutorial dan video share seputar parenting. CD tutorial tersebut didapat secara gratis dengan membeli produk Sweety. Selain itu, para orang tua juga dapat memperoleh video tutorial itu secara gratis dengan sign up di situs resmi www.sweetycare.com.

Langkah tersebut juga sebagai awal dari upaya Sweety mewujudkan visi ke depannya, yakni akan mendirikan Sweety Parent Academy Center, yang dapat menjadi wadah bagi para orang tua untuk mendapatkan informasi, berbagi tips parenting menarik, dan mengikuti berbagai kelas training.

“Program yang diluncurkan bersamaan dengan peluncuran varian baru ini menunjukkan bahwa selain Sweety mengutamakan apresiasi kepada para pelanggannya, juga peduli kepada pembangunan mental bangsa Indonesia, dengan membantu orang tua menghasilkan anak bangsa yang berkualitas dan berbudi pekerti,” ujar Wenny, yang menyebutkan bahwa Sweety juga rutin menggelar edukasi parenting lewat aktivasi merek di berbagai rumah sakit ibu dan anak.

Sumber: http://mix.co.id/brand-insight/marketing-strategy/strategi-sweety-tumbuhkan-market-share-dan-perkuat-positioning

Posted in Articles, Home, Indonesian, Links, News.